Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20319
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPUTRI, RAFIKA RANA-
dc.date.accessioned2022-12-19T01:44:11Z-
dc.date.available2022-12-19T01:44:11Z-
dc.date.issued2022-12-19-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20319-
dc.description.abstractJenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud adalah media pembelajaran berbasis discovery learning. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development or Production (pengembangan atau pembuatan produk). Teknik pengumpulan data yaitu dengan Validasi dan lembar angket siswa. penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap uji coba produk dalam skala kecil (10 siswa). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis discovery learning memiliki nilai lebih besar dari 80%. Dari keseluruhan aspek yang ditanyakan, presentasi respon siswa adalah 90% dengan kategori Sangat Baik, sedangkan respon guru memiliki nilai sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Adapun hasil analisis tes pemahaman matematika materi bangun ruang telah memenuhi ketuntasan klasikal yakni 80% siswa tuntas secara klasikal dimana terdapat 24 orang dari 30 orang siswa yang memperoleh skor >75.en_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectDiscovery Learningen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN 9 KEBAYAKAN TAHUN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RAFIKA RANA PUTRI..pdfFull Text3.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.