Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20308
Title: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN ADVOKASI UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 03 TANJUNG SARI T.P 2017/2018
Authors: LATHIFAH, CHINTIA DEWI
Keywords: perangkat pembelajaran;pembelajaran berbasis masalah
Issue Date: 17-Dec-2022
Abstract: Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan Advokasi terhadap hasil belajar maematika peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah 03 Medan. Populasi dengan penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A SMP Muhammadiyah 03 Medan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Media Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar (THB). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D (four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan tes. Teknik analisis data dalam pengemabngan perangkat pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Pendekatan Advokasi terhadap hasil belajar matematika peserta didik dapat disimpulkan pada : (a) ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal sebesar 90% dan (b) ketercapaian indikator berada pada kriteria keefektivan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20308
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CHINTIA DEWI LATHIFAH.pdfFull Text1.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.