Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20289
Title: STUDI KOMPARATIF EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL TIKTOK DENGAN INSTAGRAM TERHADAP KETERBUKAAN DIRI MAHASISWA
Authors: SUNDARI, ANGGY AYU
Keywords: Pengungkapan Diri (Self-disclosure);media sosial
Issue Date: 14-Dec-2022
Abstract: Penelitian Ini berjudul “Studi Komparatif Efektivitas Media Sosial Tiktok Dengan Instagram Terhadap Keterbukaan Diri Mahasiswa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas media sosial Instagram/Tiktok mempengaruhi keterbukaan diri mahasiswa Agroteknologi Universitas Sumatera Utara. Metode yang penelitian gunakan ialah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini Mahasiswa Agroteknologi USU angkatan 2018 sampai 2020 yang berjumlah 3.706 mahasiswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin maka sampel yang dihasilkan dari 3.706 mhasiswa berjumlah 67 mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Teknik penarikan sampel menggunakan double sampling yaitu Quota Sampling dan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan kuesioner(field Research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode komparatif yang memaparkan hasil dari perolehan data variabel dan uji hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi Llinier Berganda dalam uji hipotesia, analisis tabel tunggal, analisis tabel silang dan Uji F dalam aplikasi Microsoft Excel 2006 dan SPSS (Statistical Product and System Solution) versi 26.0. Berdasarkan hasil penelitian pada mahasiswa Agroteknologi USU menjelaskan bahwa media sosial Instagram/Tiktok berpengaruh dalam pengungkapan diri mahasiswa , sedangkan persepsi mahasiswa menyatakan bahwa media sosial Tiktok lebih punya dampak besar daripada Instagram dalam pengungkapan diri mahasiswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20289
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ANGGY AYU SUNDARI.pdfFull Text1.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.