Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20284
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LEAFLET PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SISWA SDN. 013887 DESA ASAHAN MATI KECAMATAN TANJUNG BALAI ASAHAN KABUPATEN ASAHAN
Authors: IZZATI, NURUL
Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran;Berbasis Leaflet
Issue Date: 14-Dec-2022
Abstract: Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran berbasis leaflet pada pembelajaran tematik kelas V siswa SDN 013887 Desa Asahan Mati. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keterbatasan sarana dan prasarana di Sekolah dan guru yang kurang kreatif dalam menyajikan materi dalam proses pembelajaran. Sebagai bentuk untuk mengoptimalkan pembelajaran tematik, maka dikembangakan media pembelajaran berbasis leaflet sebagai pendamping bahan ajar. Pengembangan media berbasis leaflet ini bertujuan untuk menambah keanekaragaman media pembelajaran tematik dan sebagai upaya untuk meningkatkan daya tarik siswa terhadap pembelajaran tematik. Pada penelitian ini, peneliti memilih menggunakan model ADDIE. Model ini merupakan singkatan dari Analisis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan satu kelas yang berjumlah 30 orang siswa kelas V SD Negeri 013887 Desa Asahan Mati, Kecamatan Tanjung Balai Asahan, Kabupaten Asahan. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket yang terdiri dari angket validasi untuk 3 ahli dan angket kepraktisan untuk guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan memperoleh nilai rata-rata 94% kategori valid berdasarkan validator materi, nilai 99% kategori sangat valid berdasarkan validator desain media dan nilai 93% kategori sangat valid berdasarkan validator bahasa. Hasil penelitian juga menunjukkan media layak digunakan berdasarkan niai yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan dengan nilai rata-rata 94,6% kategori sangat valid berdasarkan respon pendidik dan nilai 82,6% kategori baik berdasarkan peserta didik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20284
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_NURUL IZZATI_1802090020.pdfFull Text10.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.