Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20260
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSULASMI-
dc.date.accessioned2022-12-13T01:45:36Z-
dc.date.available2022-12-13T01:45:36Z-
dc.date.issued2022-09-16-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20260-
dc.description.abstractMahasiswa merupakan konsumen/ pelanggan dalam kegiatan layanan jasa sebuah perguruan tinggi. Mahasiswa sebagai pelanggan akan dihadapkan pada sejumlah alternatif pilihan program studi, besaran uang kuliah, kualitas yang bervariasi yang pada akhirnya mereka akan mencari nilai manfaat tertinggi yang dapat ditawarkan oleh perguruan tinggi. Karenanya faktor-faktor penentu dalam mewujudkankepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik perlu dianalisis dan hasilpenelitian dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam optimalisasi dan peningkatan kualitas layanan akademik. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa selaku pelanggan dalam layanan akademik yang diberikan oleh STIM SUKMA. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner elektronik (Google form) kepada responden melalui WhatasApp Grup (WAG). Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan persamaan regresi linier berganda. Analisis faktor juga diterapkan untuk melihat faktor-faktor yang terbentuk berdasarkan kesamaan jawaban dari responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian memiliki R2 sebesar 0,840 atau 84%. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan sebesar 84% oleh variabel independen yaitu ketersediaan sarpras, keandalan dan responsive, empati, dan jaminan. Sedangkan 16% variasi kepuasan mahasiswa dijelaskan oleh variabel diluar model penelitian ini. Uji parsial pada regresi berganda menunjukkan bahwa variabel jaminan memberikan kontribusi terbesar dalam mewujudkan kepuasan mahasiswa dengan nilai t-hitung 8,196 dan signifikansi 0,000. Sedangkan variabel empati terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan t-hitung 0,279 lebih kecil dari t tabel 2,616 dan diperoleh nilai signifikansi 0,781 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05.en_US
dc.subjectkepuasan mahasiswaen_US
dc.subjectketersediaan sarprasen_US
dc.subjectkeandalan dan responsiveen_US
dc.subjectempatien_US
dc.subjectjaminanen_US
dc.titleANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS LAYANANAN AKADEMIK DI SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN (STIM) SUKMA MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS SULASMI.pdf3.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.