Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20246
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Authors: KHADIJAH, SITI
Keywords: Model Pembelajaran Vak (Visualization, Auditory, Kinestetic);Kemampuan Menulis Teks Deskripsi
Issue Date: 12-Dec-2022
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks deksripsi pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2020/2021 sebelum menggunakan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic). Untuk mengetahui kemampuan menulis teks deksripsi pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2020/2021 sesudah menggunakan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic). untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana objek yang diteliti adalah siswa Kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran interaktif VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) nilai rata-rata Pre-Test yang diuji pada kelas VIII-1 diperoleh siswa kelas VIII-1 adalah sebesar 70,69 dengan standar deviasi 7,27. Dan dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas VIII-7 sebelum menggunakan model VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) sebesar 84,25 dengan standar deviasi 6,40 dan diperoleh nilai tertinggi sebesar 95 dan nilai terendah 74. Dan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 31 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebesar 1orang. Jika dibandingkan dengan ketuntasan nilai pre-test siswa yang dinyatakan lulus KKM hanya 15 orang siswa sedangkan 17 siswa lainnya belum mencapai KKM dengan nilai tertinggi saat pre-test adalah 85 dan nilai terendah 61. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh 5,02 dan bila di konsultasikan dengan nilai pada taraf signifikan 0,05 dan df = N - 1, 32 – 1 = 31, maka . Dengan membandingkan antara dengan dengan kriteria > 5,02 > 1,66) sehingga diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic)terhadap hasil belajar Kemampuan Menulis Teks Deskripsi siswa kelas VII MTs Negeri 2 Medan T/P 2020/2021.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20246
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SITI KHADIJAH.pdfFull Text4.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.