Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20160
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorARIANI, FARIDAH-
dc.date.accessioned2022-12-09T03:53:03Z-
dc.date.available2022-12-09T03:53:03Z-
dc.date.issued2022-09-16-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20160-
dc.description.abstractPemerintah menerbitkan peraturan baru untuk sekolah/perguruan tinggi di liburkan beberapa waktu namun siswa/mahasiswa tetap dianjurkan belajar dari rumah sehingga sudah beberapa bulan ini guru/dosen harus lebih interaktif dan kreatif untuk menyampaikan pembelajaran agar para siswa/mahasiswa tidak ketinggalan pembelajaran. Salah satunya di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tebing Tinggi Deli.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 105 mahasiswa, 91 mahasiswa (87%) menyatakan bahwa pembelajaran daring di STAI Tebing Tinggi Deli telah direncanakan dengan baik sehingga hasilnya efektif, sedangkan 14 mahasiswa (13%) menyatakan belum puas. Sebanyak 97 mahasiswa (92%) menyatakan puas terhadap pelaksanaan pembelajaran daring yang diberikan dosen, sedangkan sebanyak 8 mahasiswa (8%) menyatakan tidak puas. Sebanyak 90 mahasiswa (86%) menyatakan puas terhadap pengendalian atau monitoring pembelajaran daring, sedangkan sebanyak 15 orang (14%) menyetakan tidak puas. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat dikatakan bahwa Perencanaan pembelajaran daring telah dikelola secara baik dengan melibatkan semua pihak dikampus, yakni direktur, program studi dan dosen, dan tenaga administrasi .Pelaksanaannya dengan cara yakni melalui website kampus, google classroom dan zoom, pembelajaran daring yang dilakukan adalah dengan cara dosen menerangkan materi melalui Web kampus, Google Classroom, dan Zoom, kemudian mahasiswa mengerjakan tugas yang ada di Google Classroom atau Google Form.Dosen menjadi kreatif dan berinovasi dalam mengembangkan perencanaan, pelaksanaan dan sistem evaluasi serta media pembelajaran. Mahasiswa mampu mengelola waktu secara mandiri meski belajar secara daring maupun belajar mandiri di rumah, lebih banyak bekerja dengan membuat tugas dan proyek. Mahasiswa lebih terdorong untuk kreatif dan berinovasi dalam mempresentasikan tugas.en_US
dc.subjectEfektivitas Manajemen Pembelajaranen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM TEBING TINGGI DELI)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS FARIDAH ARIANI_2020060015.pdf2.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.