Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20150
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIAGIAN, MASLINA-
dc.date.accessioned2022-12-08T04:15:58Z-
dc.date.available2022-12-08T04:15:58Z-
dc.date.issued2022-09-12-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20150-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas program upskilling dan reskilling dan kompetensi profesional guru SMK sebelum dan sesudah mengikuti diklat upskilling dan reskilling di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi (mix method), dengan design penelitian sequental exploratori. Penelitian diawali dengan mengumpulkan data kualitatif dan dilanjutkan penelitian kuantitatif tentang kompetensi profesional guru SMK sebelum dan sesudah mengikuti diklat upskilling dan reskilling dengan menggunakan angket. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan, SMK Negeri 7 Medan, SMK Negeri 9 Medan, SMK Swasta Dwi Warna dan SMK Swasta Taman Siswa Medan. Sumber data primer berasal dari hasil wawancara dan angket kepada 20 orang guru yang telah mengikuti diklat upskilling dan reskilling. Hasil temuan penelitian diperoleh bahwa program upskilling dan reskilling bagi peningkatan kompetensi profesional guru SMK di Kota Medan sudah efektif, dan dari hasil angket terlihat adanya peningkatan kompetensi profesional guru SMK setelah mengikuti diklat ini dimana data rata-rata kompetensi profesional guru sebelum mengikuti diklat upskilling dan reskilling adalah 45.30 dan rata-rata kompetensi profesional guru sesudah mengikuti diklat upskilling dan reskilling sebesar 49.95, dengan peningkatan rata-rata kompetensi profesional guru sebesar 4,65, hasil uji paired sample test correlations tentang hubungan (korelasi) antara data sebelum mengikuti diklat upskilling dan reskilling dan data sesudah mengikuti diklat upskilling dan reskilling diperoleh nilai korelasi sebesar 0,909, hasil uji paired sample test diperoleh data nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005 yang berarti terdapat perbedaan yang nyata antara kompetensi profesional guru sebelum mengikuti diklat dan sesudah mengikuti diklat upskilling dan reskilling.en_US
dc.subjectefektivitasen_US
dc.subjectupskillingen_US
dc.subjectreskillingen_US
dc.subjectkompetensien_US
dc.subjectprofesionalen_US
dc.subjectmix methoden_US
dc.titleEFEKTIVITAS PROGRAM UPSKILLING DAN RESKILLING BAGI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMK DI KOTA MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
There are no files associated with this item.


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.