Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20084
Title: PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 107402 SAENTIS TAHUN AJARAN 2021/2022
Authors: DALIMUNTHE, JAMILAH KUMALA SARI
Keywords: Model Project Based Learning;Keterampilan Menulis Siswa
Issue Date: 1-Dec-2022
Abstract: Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: “Apakah melalui penerapan Project Based Learning meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri 107402 saentis tahun ajaran 2021/2022”Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri 107402 Saentis dengan menggunakan model Project Based Learning.Subject dalam Penelitian ini adalah siswa SD Negeri 107402 Kelas IV Saentis 28 Siswa. Objek Peneltian ini adalah Keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri 107402 SaentisDari hasil analisis data dapat dilihat bahwa Model Project Based Learning yang didukung oleh semua komponen yang diterapkan sesuai dengan perencanaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa SD Negeri 107402 Saentis Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu : (1) perencanaan,(2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Project Based Learning dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Tahun Ajaran 2021/2022. Peningkatan dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan menulis dari siklus I sampai silus III. Pada siklus I pengolahan hasil belajar siswa menunjukkan 9 siswa (37,50%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (62,50%) belum mencapai ketuntasan belajar sehingga pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa masih rendah yaitu hanya 37,50% dengan nilai rata-rata 61,35. Sedangkan pada siklus II hasil pengolahan data menunjukkan 33 siswa (83,33%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (16,67%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 74,13.Kemudian peneliti melanjutkan penelitian sampai pada siklus III terjadi peningkatan yaitu pada siklus pertama hanya 75,00% menjadi 83,33% pada siklus III dan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80,81. Karena telah mencapai kriteria ketuntasan yaitu 80% siswa memperoleh nilai lebih atau sama dengan KKM (70) maka penelitian ini dikatakan berhasil.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20084
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI JAMILAH KUMALA SARI DALIMUNTHE.pdfFull Text3.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.