Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19986
Title: PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS MONTASE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KETERAMPILAN MENULIS NARASI KELAS V SDS AL-WASHLIYAH 25 MEDAN
Authors: JANNAH, NUR
Keywords: Media Gambar Berseri;Pembelajaran Bahasa Indonesia
Issue Date: 1-Dec-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran gambar berseri dan menguji kelayakan media gambar berseri pada pembelajaran bahasa Indonesia materi keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDS AL WASHLIYAH 25 Medan. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Sugiyono (2017). Subjek penelitian yang terlibat antara lain validator ahli materi, ahli media serta respon peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kelayakan menggunakan skala likert dengan kategori yang disusun dalam bentuk cheklist.. Pemerolehan data dari angket kebutuhan guru dan siswa, sedangkan lembar validasi berasal dari ahli media dan materi. Teknik analisis data, meliputi analisis data awal, analisis kelayakan media, dan analisis respons guru dan siswa. Subjek penelitian yang terlibat antara lain validator ahli materi, ahli media serta respon peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kelayakan menggunakan skala likert dengan kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Berdasarkan analisis kevalidan, media pembelajaran gambar berseri dapat dikategorikan sangat valid. Hasil persentase media pembelajaran dari ahli media 89,7% dan penilaian dari ahli materi 97,5%. Hasil uji coba respon peserta didik diperoleh persentase 96,6% dan penilaian uji coba respon dari guru 88% dengan kategori sangat praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19986
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NUR JANNAH LUX - Copy.pdfFull Text4.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.