Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19966
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLUBIS, SAINUL ARIFIN-
dc.date.accessioned2022-12-01T02:20:41Z-
dc.date.available2022-12-01T02:20:41Z-
dc.date.issued2022-12-01-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19966-
dc.description.abstractPemanfaatan limbah sisa proses pembubutan atau biasa disebut bram di perbengkelan industri manufactur. Dari adanya sisa proses pembubutan yaitu bram menghasilkan sebuah ide, salah satunya ialah dengan menggunakan sisa serbuk aluminium sebagai bahan pengisi komposit dalam pembuatan kampas rem sepeda motor matic Honda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keausan kampas rem berbahan komposit serbuk aluminium yang menggunakan variasi bahan serbuk aluminium yang berbeda agar mendapatkan tingkat keausan yang paling kecil. Bahan yang digunakan untuk membuat kampas rem berbahan komposit ini adalah, serbuk aluminium, serbuk barium sulfat, serbuk kalsium karbonat, serbuk grafit/arang, aerosol fiberglass, resin dan katalis sebagai pengikat nya. Proses pembuatan dilakukan dengan mencampurkan semua bahan sesuai komposisi yang telah ditentukan, setelah itu melalui proses kompaksi atau penekanan selama 30 menit dengan gaya sebesar 2000kgf kemudian memasuki proses sintering atau pemanasan selama 30 menit. Pengujian untuk mengetahui tingkat keuasan dilakukan dengan menggunakan alat Brake Dynamometer, dengan gaya beban pengereman 500gr, 1000gr, dan 1500gr dari hasil pengujian dapat dihasilkan kampas rem no.3 dengan massa 5 gram serbuk aluminium memiliki tingkat keausan paling kecil dengan beban pengereman minimum, menghasilkan nilai keausan 0,607x10-7 g / mm .det ik 2 dan, nilai keausan 0,729x10-7 g / mm .det ik 2 pada beban pengereman maximum. Sedangkan kampas rem yang tingkat keausannya paling besar adalah kampas rem no.2 dengan massa 4 gram serbuk aluminium dengan pembebanan minimum menghasilkan nilai keausan 1,093x10-7 g / mm .det ik 2 dan nilai keausan 1,700x10-7 g / mm .det ik 2 pada beban pengereman maximum. Dan jika sudah memenuhi karakteristik akan dibuat kampas rem yang terbaik dalam bentuk yang lebih baik.en_US
dc.subjectKampas Remen_US
dc.subjectBrake Dynamometeren_US
dc.titleANALISIS KEAUSAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR BERBAHAN KOMPOSIT SERBUK ALUMINIUMen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SAINUL LENGKAP.pdfFull Text2.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.