Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19945
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNST, MUWAFFAQ FADHILSYAH-
dc.date.accessioned2022-11-30T08:30:51Z-
dc.date.available2022-11-30T08:30:51Z-
dc.date.issued2022-11-30-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19945-
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi peneliti, Kelas XII IPS SMA Rahmat Islamiyah Medan. masih kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran Ekonomi terkhusus pada materi Persamaan Dasar Akuntansi hal ini juga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang masih rendah dan mengakibatkan siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran sehingga membuat aktivitas belajar siswa kurang optimal. Guru sebagai pendidik masih kurang menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan menjadikan siswa kurang responsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap Motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Rahmat Islamiyah Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes.. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji paired simple test dengan uji beda. Hasil dari penelitian ini, yaitu: bahwa dari hasil pretes test yang telah diperoleh kelas kelas XII IPS SMA Rahmat Islamiyah Medan dengan nilai rata-rata sebesar 79.02 % dan nilai kelas control dengan rata-rata 72,50%. Perhitungan uji-t pada posttest thitung (3,215) > ttabel (1,992) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata pada nilai Eksperimen dan Kontrol. Sig. (2 tailed) sebesar 0,002<0,05. Maka (Ho) ditolak dan (H1) diterima. Dengan demikian dapat peneliti buat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pendidikan akuntansi siswa kelas XII SMA Rahmat Islamiyah Medan T.P 2021/2022en_US
dc.subjectDiscovery Learningen_US
dc.subjectMotivasi Belajar Kelas XII IPSen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS SMA RAHMAT ISLAMIYAH MEDAN T.P 2021/2022en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUWAFFAQ FADHILSYAH NST.pdfFull Text2.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.