Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19874
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 4 SD MUHAMMADIYAH 03 MEDAN TAHUN AJARAN 2021-2022
Authors: DEWI, BUNGA RATNA
Keywords: Bahan Ajar IPA;Berpikir Kritis;Mind Mapping;Siswa
Issue Date: 26-Nov-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pengembangan bahan ajar IPA berbasis Mind Mapping, kelayakan bahan ajar IPA berbasis Mind Mapping dalam Meingkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dan menganalisis aktifitas berfikir kritis siswa setelah menggunakan Mind Mapping di kelas 4 SD Muhammadiyah 03 medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan dengan model ADDIE dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran IPA berbasis Mind Mapping. Desain Mind Mapping yang digunakan dan menarik minat baca dan daya ingat siswa melalui visualisasi gambar yang disajikan. Mind Mapping yang digunakan memuat gambar-gambar hewan berdasarkan jenis makanannya yang terdiri dari herbivora, karnivora, dan omnivora. Hasil kelayakan bahan ajar IPA berbasis Mind Mapping dapat dinilai sangat baik secara keseluruhan. Penilaian ahli materi menunjukkan bahwa seluruh butir pada aspek penyajian menperoleh skor 58 dengan rata-rata adalah 4,8. Penilaian ahli media dengan perolehan skor 68 dengan rata-rata 4,8. Penilaian ahli bahasa dengan perolehan skor 37 dengan rata-rata 4,6. Hasil tes yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 34 orang siswa dapat tuntas pada pembelajaran IPA, sedangkan 4 orang tidak tuntas karena kurang konsentrasi dan perhatian di dalam kelas. Hasil respon siswa menunjukkan pengembangan bahan ajar IPA berbasis Mind Mapping dapat digunakan secara efektif dengan kategori presentase 75%-100%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19874
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BUNGA RATNA DEWI ( 31 okt 2022).pdfFull Text10.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.