Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19860
Title: IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH DI MTS AL-WASHLIYAH PANCUR BATU
Authors: AGUSTINA, DWI
Keywords: Strategi Pembelajaran Synergetic Teaching;Hasil Belajar Fiqih
Issue Date: 26-Nov-2022
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, yang disebabkan karena kurang tepatnya guru dalam memilih strategi pembelajaran yang digunakan, sehingga menyebabkan siswa merasa jenuh pada saat proses pembelajaran berlangsung yang membuat hasil belajar siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis eksperimen. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada siswa MTs Al-Washliyah Pancur Batu sebanyak 25 orang diambil dengan teknik quasi exsprimental design atau non random sampling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran Synergetic Teaching dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih pada siswa kelas VII MTs Al-Washliyah Pancur Batu. Strategi pembelajaran Synergetic Teaching (pembelajaran bersinergi) adalah strategi pembelajaran yang menggabungkan dua acara belajar yang berbeda. Dimana strategi ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk saling berbagi hasil belajar dari materi yang sama dengan cara membandingkan catatan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh hasil dari korelasi product moment adalah rxy = 0,838 yang berari ada korelasi yang cukup tinggi dan Hipotesis Alternatif (Ha): ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran Synergetic Teaching terhadap hasil belajar Fiqih pada siswa kelas VII di MTs Al-Washliyah Pancur Batu diterima. Persentase kenaikan nilai adalah 83,8% sehingga dapat dikatakan dalam kategori baik. Kesimpulannya adalah pengaruh yang siginifikan penerapan strategi pembelajaran Synergetic Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi shalat jama’ qashar.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19860
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Dwi Agustina.pdfFull Text3.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.