Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19846
Title: PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN
Authors: RADA, MONICA
Keywords: Metode Tipe Card Sort;Kemampuan Berpikir Kritis
Issue Date: 26-Nov-2022
Abstract: Penelitian ini dilakukakn karena adanya permasalahan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, serta kurangnya penggunaan metode pembelajaran oleh guru sehingga berdampak kepada rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah . Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan di kelas kontrol, Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan di kelas eksperimen, dan Bagaimana pengaruh penggunaan Metode Active Learning Tipe Card Sort Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan di kelas kontrol, untuk mengetahui Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan di kelas eksperimen, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode active learning tipe card sort terhadapkemamouan berpikir kritis siswa kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V A dan V B SD Muhammadiyah 12 Medan yang berjumlah 20 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunnakan tes berpikir kritis yang berjumlah 10 soal berbentuk isian yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan di kelas eksperimen (metode active learning tipe card sort) diperoleh hasil 72,5, sedangkan di kelas kontrol (metode active learning tipe card sort) diperoleh 59. Pembelajaran menggunakan penggunaan Metode Active Learning Tipe Card Sort Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan. Dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mana 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan Metode Active Learning Tipe Card Sort Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19846
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MONICA RADA.pdfFull Text7.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.