Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19728
Title: PENGEMBANGAN BUKU CERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS 3 SDN 116897 HAPOLTAKAN NAULI TAHUN 2021/2022
Authors: ALVIA, BELLA
Keywords: Buku Cerita;Keterampilan Menulis;Malin Kundang;Siswa
Issue Date: 24-Nov-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain pengembangan buku cerita dan kelayakan media pengembangan buku cerita untuk meningkatkan menulis karangan siswa kelas 3 SDN 116897 Hapoltakan Nauli tahun 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan dengan model ADDIE dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan dalam mengarang sebuah cerita. Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang telah di diskusikan dalam keompok di depan kelas. Desain yang disajikan dalam buku cerita “Malin Kundang” memuat warna yang menarik pembaca, ilustrasi dan gambar baik tokoh, latar tempat, waktu dan suasana yang dimunculkan dalam cerita memberikan pengaruh kepada ingatan anak sehingga dapat menceritakan kembali cerita tersebut. Perwujudan fisik dari buku cerita Malin Kundang ini ditampilkan dengan gambar yang menarik, gambar dengan warna yang terang, jenis dan ukuran huruf sesuai, serta cerita narasi sesuai dengan gambar. Hasil uji kelayakan media yang digunakan meliputi uji ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Pada uji ahli materi memperoleh skor 48 dengan rata-rata nilai 4, pada uji ahli media memperoleh skor 73 dengan rata-rata nilai 4,5 dan pada uji ahli bahasa memperoleh skor 39 dengan rata-rata nilai 4,8. Hasil penilaian standart dengan respon siswa diketahui bahwa media pengembangan buku cerita yang digunakan memiliki nilai presentase efektivitas mencapai 75%-100% dan dikatakan efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19728
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_BELLA ALVIA_1802090155.pdfFull Text7.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.