Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19712
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSUPRIYATI, ANNISYA-
dc.date.accessioned2022-11-24T03:33:07Z-
dc.date.available2022-11-24T03:33:07Z-
dc.date.issued2022-11-24-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19712-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dari pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IV SD Negeri 106789 Tanjung Gusta. Lokasi penelitian ini berada di SD Negeri 106789 Tanjung Gusta. waktu penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 106789 Tanjung Gusta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 orang yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 16 dan siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 13 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa, hal ini dapat dibuktikan karena pada hasil analisis uji t (independendent t test) di dapatkan hasil nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya model picture and picture berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IV SD Negeri 106789 Tanjung Gusta. Pada hasil analisis data dan mengenai kemampuan menulis cerita pendek siswa dalam pembelajaran diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture (posttest) nilai rata-rata siswa tanpa diberikan perlakuan (pretest) kelas eksperimen adalah 65,18. Sedangkan pada posttest kelas ekperimen adalah 84,87. Untuk pada kelas kontrol nilai rata-rata (mean) pada pretest yaitu 62,92 sedangkan pada nilai rata-rata (mean) pada posttest 74,6. Maka dapat disimpulkan kelompok siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai siswa tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture.en_US
dc.subjectmodel pembelajaran picture and pictureen_US
dc.subjectkemampuan menulis Cerita pendeken_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IV SD NEGERI 106789 TANJUNG GUSTAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FIX ANNISYA SUPRIYATI- NGELUX.pdfFull Text5.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.