Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19548
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | AMELIA, FAHRIZA | - |
dc.date.accessioned | 2022-11-22T01:56:32Z | - |
dc.date.available | 2022-11-22T01:56:32Z | - |
dc.date.issued | 2022-11-22 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19548 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi pendekatan cognitive behavior theraphy dalam bimbingan kelompok terhadap perilaku bullying siswa kelas XII-AK SMK Persatuan Amal Bakti 3 Medan TA. 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen kuasi dengan melihat perubahan data penelitian antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas XII kemudian teknik penarikan sampel menggunakan purposive random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket dengan model skala Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen perilaku karakter sikap bullying sebesar 0,911. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan korelasi yang diperoleh dari tampilan luaran SPSS model summary 26.00 menunjukkan besarnya hasil uji hipotesis dengan uji wilcoxon diperoleh luaran sebesar 2.807b dengan nilai Asymp.Sig. = 0,005 (2-tailed) lebih kecil dari < 0.005, maka Ha diterima. Disini Terdapat 10 data positif (N) yang artinya 10 siswa mengalami penurunan prilaku bullying dari nilai Pre Test ke nilai Post Test. Mean Rank atau rata-rata peningkatan tersebut adalah sebesar 5,50, sedangkan jumlah rangking positif atau sum of Ranks adalah sebesar 55,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan cognitive behavior theraphy dalam bimbingan kelompok dapat memberikan pengaruh terhadap turunnya perilaku bullying siswa SMK Persatuan Amal Bakti 3 Medan TA. 2021/2022. | en_US |
dc.subject | ognitive behavior theraphy | en_US |
dc.subject | perilaku bullying | en_US |
dc.title | ANALISIS KONTRIBUSI PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPHY DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA KELAS XII AK SMK PAB 3 MEDAN TA. 2021/2022 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI FAHRIZA AMELIA.pdf | Full Text | 1.93 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.