Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19407
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFHADILLAH, MAYA NURUL-
dc.date.accessioned2022-11-10T07:29:45Z-
dc.date.available2022-11-10T07:29:45Z-
dc.date.issued2022-11-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19407-
dc.description.abstractLatar belakang penelitian ini adalah kurangnya keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perpindahan kalor. Rumusan masalah pada penelitan ini yaitu apakah ada pengaruh media video animasi terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 101910 Pasar Miring. Batasan masalah pada penelitian ini yaitu penggunaan media video animasi terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perpindahan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media video animasi terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 101910 Pasar Miring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 101910 Pasar Miring yang berjumlah 40 siswa. Instrumen pada penelitian ini yakni Lembar observasi keaktifan belajar siswa. Pengujian hipotesis pada penelitian ini yaitu menggunakan excel, sedangkan untuk mencari hubungan dua variabel menggunakan rumus korelasi product moment dengan melakukan uji prasyarat analisis terlebih dahulu, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil Penelitan ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberi perlakuan berupa media video animasi dengan kelas yang tidak diberi perlakuan media video animasi. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai Thitung = 2,361 dan selanjutnya thitung dibandingkan dengan ttabel dengan (dk= n1+n2-2) (dk= 20+20-2 = 38), maka diperoleh harga ttabel = 1,685. Dengan formulasi perbandingan yaitu Thitung = 2,361 > Ttabel=1,685. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh media video animasi terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perpindahan kalor kelas V SDN 101910 Pasar Miring.en_US
dc.subjectMedia video animasien_US
dc.subjectKeaktifan Belajaren_US
dc.titlePENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEAKTIFANBELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V SDN 101910 PASAR MIRINGen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
YANG DI LUX MAYA NURUL.pdfFull Text6.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.