Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19379
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | IKRAM, MUAMMAR | - |
dc.date.accessioned | 2022-11-10T04:08:56Z | - |
dc.date.available | 2022-11-10T04:08:56Z | - |
dc.date.issued | 2022-11-10 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19379 | - |
dc.description.abstract | Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran open ended pada materi segiempat dan segitiga di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Terpadu 3 dan kelas VII Terpadu 4 yang memiliki jumlah siswa yang sama yaitu 32 siswa. Kelas VII Terpadu 3 menggunakan model pembelajaran open-ended dan kelas VII Terpadu 4 menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yaitu uji perbedaan dua rata-rata pada data pretest, postest dan N-Gain dengan menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS 23. Pada uji perbedaan dua rata-rata data pretest diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,935 > 0,05 yang membuktikan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Oleh karena itu, rata-rata awal kelas eksperimen maupun kelas kontrol ditunjukkan sama. Pada uji perbedaan dua rata rata data posttestt diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, terlihat jelas bahwa terdapat perbedaan rata rata akhir kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Pada uji perbedaan rata-rata N-Gain diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, terdapat kemajuan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Diperoleh kesimpulan model pembelajaran open-ended lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional pada kemampuan berpikir kritis terkhususnya materi segiempat dan segitiga. | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berpikir Kritis Matematis | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berpikir Kritis Matematis | en_US |
dc.title | EFEKTIVITAS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Muammar buat lux.pdf | Full Text | 7.2 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.