Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19336
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMARLINA SIAGIAN, UMMI-
dc.date.accessioned2022-11-08T01:22:25Z-
dc.date.available2022-11-08T01:22:25Z-
dc.date.issued2022-08-22-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19336-
dc.description.abstractPendekatan PMR dan CTL terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa. Karakteristik pendekatan PMR yang dilakukan mengacu pada keaktifan siswa untuk saling bertukar pendapat pada kegiatan diskusi belajar dengan diberikannya LKPD disetiap pertemuan. Hasil penelitian ini sangat sesuai digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika. Penelitian ini memperoleh sejumlah data seperti hasil skor KAM siswa kelas eksperimen dan kontrol, hasil skor postes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dan kontrol, hasil skor postes angket kemandirian belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Analisis data yang akan dipaparkan adalah analisis data Kemampuan Awal Matematika (KAM) siswa analisis data kemampuan pemahaman konsep siswa, analisis data kemandirian belajar siswa, analisis data interaksi pendekatan pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan pemahamankonsep maternatis siswa dan analisis data interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM terhadap kemandirian belajar siswa. Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran KAM siswa terhadap kemandirian belajar siswa, artinya siswa yang belajar dengan pendekatan PMR dengan siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional tidak mempunyai perbedaan yang signifikan antara siswa yang berkemampuan awal rendah, sedang dan tinggi terhadap kemandirian belajar siswa.Oleh karena itu, kepada guru matematika di sekolah diharapkan memiliki pengetahuan teoritis maupun keterampikan menggunakan pendekatan PMR dalam prosespembelajaran.Terdapat pengaruh pendekatan PMR dan CTL terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTS dengan nilai koefisien determinasi R. Squarenya 0,157. Pengaruh pendekatan PMR dan CTL terhadap kemandirian belajar siswa SMP dengan nilai koefisien determinasi R Squarenya 0,033. Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTS Al-Halim Ledong Barat. Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM terhadap kemandirian belajar siswa MTS Al-Halim Ledong Baraten_US
dc.subjectPembelajaran Realistik (PMR),en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Contextual Teaching And Laerning (CTLen_US
dc.subjectPemahaman Konsep Matematis Dan Kemandirian Belajaren_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK (PMR) DAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTS AL-HALIM LEDONG BARATen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS UMI SIAGIAN.pdf10.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.