Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19328
Title: ERAPAN METODE DISKUSI BUZZ GROUP (KELOMPOK KECIL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS V SD NEGERI 091667 NAGA BAYU
Authors: JULIANTI, LISA
Keywords: Metode Diskusi Buzz Group;Kemampuan Berkomunikasi
Issue Date: 5-Nov-2022
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa sebelum menggunakan metode diskusi Buzz Group pada siswa kelas V SD Negeri 091667 Naga Bayu. Untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa sesudah menggunakan metode diskusi Buzz Group pada siswa kelas V SD Negeri 091667 Naga Bayu. Untuk mengetahui peningkatan komunikasi siswa menggunakan metode diskusi Buzz Group pada siswa kelas V SD Negeri 091667 Naga Bayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil observasi untuk pre test bahwa terdapat sebanyak sebanyak 23 orang siswa yang belum tuntas atau 71,8% dan 9 orang dinyatakan tuntas atau 28,2%.Kemampuan berkomunikasi siswa dengan menggunakan metode diskusi Buzz Grouppada siklus I belum memenuhi standar KKM, dimana yang memenuhi nilai KKM sebanyak 13 orang siswa, dan 19 orang siswa lagi belum memenuhi nilai KKM. Kemampuan berkomunikasi siswa dengan menggunakanmetode diskusi Buzz Grouppada siklus II sudah memenuhi standar KKM, dimana yang memenuhi nilai KKM sebanyak 30 orang siswa, dan 2 orang siswa lagi belum memenuhi nilai KKM. Hasil perhitungan gain diperoleh rata-rata siklus I sebesar 93,7 dan rata-rata siklus II sebesar 93,7. Sehingga diperoleh gain 89,3%. Artinya kelas V SD Negeri 091667 Naga Bayu mengalami peningkatan kemampuan berkomunikasi dengan kategori tinggi karena > 70%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19328
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Lisa Julianti.pdfFull Text2.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.