Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19313
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYANI, INDRA MUHAMMAD-
dc.date.accessioned2022-11-05T04:03:26Z-
dc.date.available2022-11-05T04:03:26Z-
dc.date.issued2022-11-05-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19313-
dc.description.abstractPenunjang berhasilnya pendidikan di Indonesia salah satunya adalah peserta didik yang mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas. Hal ini dapat diwujudkan ketika peserta didik mempunyai minat baca yang tinggi. Billy antono berpendapat bahwa membaca sebagai salah satu aktifitas dalam kegiatan berliterasi merupakan kunci bagi kemajuan pendidikan, keberhasilan suatu pendidikan tidak diukur dari banyaknya anak yang mendapat nilai tinggi melainkan banyaknya anak yang gemar membaca di dalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas literasi siswa, faktor penghambat aktivitas literasi siswa dan upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan minat membaca siswa di SMP Muhammadiyah 04 Medan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa program literasi di SMP Muhammadiyah 04 Medan sudah ada sejak tahun 2019 yang lalu dengan kegiatan diantaranya; membaca ayat pendek, membaca 15 menit, mengulangi pelajaran yang lama sebelum memulai pelajaran baru, kunjungan ke perpustakaan sekolah dan membaca dilingkungan atau halaman sekolah. Adapun faktor penghambat aktivitas literasi siswa di SMP Muhammadiyah 04 Medan diantaranya; minat baca siswa yang rendah, minimnya fasilitas yang tersedia, tidak adanya kerjasama antara pihak sekolah dan wali murid, pemanfaatan sumber daya yang belum maksimal dan kurangnya pengawasan kepala sekolah dalam pelaksanaan kegiatan literasi. Adapun upaya sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SMP Muhammadiyah 04 Medan diantaranya; memotivasi siswa, menyuruh siswa mengerjakan PR dan membuat sudut baca.en_US
dc.subjectAktivitas Literasien_US
dc.subjectMinat bacaen_US
dc.subjectSiswaen_US
dc.titleAKTIVITAS LITERASI SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 04 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Indra Muhammad Yani.pdfFull Text3.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.