Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19260
Title: ANALISIS ISLAMIC ENTREPRENEURSHIP PADA PEDAGANG MUSLIM PASAR HORAS KOTA PEMATANGSIANTAR
Authors: ADELIA, CINDY
Keywords: Islamic Entrepreneurship;Pedagang muslim
Issue Date: 5-Nov-2022
Abstract: Rendahnya pengetahuan pedagang akan pentingnya berbisnis dengan menurut syariat Islam. Pedagang muslim yang ada di Pasar Horas Kota Pematangsiantar masih banyak yang belum menerapkan bisnis menurut Islam.Minoritasnya pedagang muslim yang ada di Pasar Horas sehingga minimnya wawasan tentang Islamic Entrepreneurship Rancangan penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Yang dimaksud dengan penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti survey langsung ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang fenomena dalam suatu keadaan alamiah atau keadaan yang sebenarnya. Fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Islamic Entrepreneurship pada pedagang Muslim yang ada di Pasar Horas Kota Pematangsiantar. Untuk itu penulis melakukan wawancara kepada 6 para pedagang Muslim Pasar Horas. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang peneliti lakukan sejak Agustus 2022 di Pasar Horas Kota Pematangsiantar. Peneliti menggunakan wawancara tertulis yang berisikan pertanyaan pertanyaan yang akan di jawab responden dan ada juga yang menggunakan perekam suara maupun dokumentasi yang diperoleh oleh peneliti. Dalam memberikan pemahaman tentang Islamic Entrepreneurship pada pedagang muslim yang ada di Pasar Horas Kota Pematangsiantar. Prinsip-prinsip Islamic Entrepreneurship pedagang Muslim Pasar Horas Kota Pematangsiantar yaitu belum sesuai dengan prinsip Ketuhanan (Tauhid), dimana hanya mengejar keuntungan dunia saja sehingga meninggalkan kewajibannya sebagai umat Muslim. Terlalu sibuk dengan aktivitas berdagangnya sehingga lupa kalau yang memberikan rezeki kepadanya ialah sang Pencipta. Namun dalam prinsip keadilan telah sesuai dengan melakukan kesteraan harga kepada pemebeli. Dan prinsip tolong menolong juga sudah sesuai dengan prinsip Islamic Entrepreneurship dengan saling menolong antara pedagang
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19260
Appears in Collections:Sharia Management Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CINDY ADELIA ACC (1).pdfFull Text5.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.