Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19204
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorZAHARISSYAH, MUHAMMAD-
dc.date.accessioned2022-11-03T08:13:02Z-
dc.date.available2022-11-03T08:13:02Z-
dc.date.issued2022-11-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19204-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dua penanda kesantunan menurut Leech dan fungsi kesantunan menurut Rahardi berdasarkan konteks pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Swasta Kartika 1-2 Medan kelas X. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa yang melakukan interaksi belajar mengajar di kelas X IPS SMA Swasta Kartika 1 - 2 Medan. Jenis penelitian ini secara teknis kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dibagi menjadi teknik mendengarkan bebas percakapan, teknik observasi, dan teknik merekam. Teknik pengumpulan data digunakan peneliti untuk memperoleh data yang lengkap mengenai penanda dan fungsi kesantunan. Kemudian, menurut Kunjana Rahardi, data diidentifikasi dan dianalisis menggunakan prinsip kesantunan Leech dan fungsi kesantunan berbahasa. Berdasarkan hasil analisis data tuturan, peneliti menemukan lima penanda kesantunan berbahasa, yaitu , (1). Maksim Kebijaksanaan, (2). Maksim Kedermawanan (3). Maksim Penghargaan, (4). Maksim Permufakatan atau Kecocokan, (5). Maksim Kesimpatisan. Selain mencari penanda kesantunan, peneliti juga menemukan empat fungsi kesantunan berbahasa, yaitu, (1). Fungsi Berbicara, (2). Fungsi Bertanya, (3). Fungsi Memerintahkan, (4). Fungsi Kekaguman.en_US
dc.subjectPenanda Kesantunanen_US
dc.subjectFungsi Kesantunanen_US
dc.titleANALISIS PENANDA DAN FUNGSI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS X SMA SWASTA KARTIKA 1 – 2 MEDAN KAJIAN PRAGMATIKen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI LENGKAP MUHAMMAD ZAHARISSYAH (1802040009).pdfFull Text2.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.