Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19169
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRITONGA, SISKA YULI KARTIKA-
dc.date.accessioned2022-11-03T07:16:02Z-
dc.date.available2022-11-03T07:16:02Z-
dc.date.issued2022-11-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19169-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengaruh model Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Harapan Mekar Medan. (2) bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Student Facilititor and Explaining terhadap hasil belajar siswa SMP Harapan Mekar Medan. (2) untuk mengetahui bagaimana peningkatan proses pembelajaran dengan menggunakan model Student Facilititor and Explaining terhadap hasil belajar siswa SMP Harapan Mekar Medan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Harapan Mekar Medan yang berjumlah 24 orang dengan jumlah 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Postest. Instrument penelitian menggunakan essay tes tentang bilangan berpangkat dan bentuk akar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhit (posttest). Teknis analisis data menggunakan uji normalitas. Uji hipotesis digunakan untuk uji t dan uji determinan.dan hasil penelitian menggunakan uji-t sampel berpasangan (paired-sample t test) menggunakan SPSS 22 yang menghasilkan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga terbukti bahwa diterima ditolak. Dan hasil uji determinan yang dilakukan diperoleh sebesar 1,30%. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Student Facilititor and Explaining terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Harapan Mekar Medan dan adapun peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Student Facilitator And Explaining adalah sebesar 1,30%.en_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectModel Student Facilitatoren_US
dc.subjectExplainingen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP HARAPAN MEKAR MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SISKA YULI KARTIKA RITONGA.pdfFull Text4.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.