Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19167
Title: PENGARUH PEMANFAATAN PEMBELAJARAN SPREADSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Authors: HANDAYANI, PUTRI
Keywords: Pemanfaatan Pembelajaran Spreadsheet;Hasil Belajar
Issue Date: 3-Nov-2022
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK Tritech Informatika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Pembelajaran Spreadsheet Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi Kelas X SMK Tritech Informatika Tahun Pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tritech Informatika yang beralamat di Jl. Bhayangkara No. 484 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa akuntansi kelas X yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini total sampling dengan jenis kelas yang terdiri dari satu kelas. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes tertulis berbentuk uraian, yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemanfaatan pembelajaran spreadsheet berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan perhitungan persamaan regresi linear sederhana diperoleh bahwa Y = 5,573 + 1,063. Ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan persamaan regresi linear untuk Pembelajaran Spreadsheet, maka akan terjadi peningkatan sebesar 1,063. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan program spss dengan taraf α=0,05, sehingga diperoleh nilai thitung sebesar 7,020 dengan ttabel sebesar 1,710. Maka hipotesis Ha diterima. Berdasarkan perhitungan uji determinasi besarnya R square adalah 0,783 = 78,3%. Artinya besar pengaruh variabel pembelajaran spreadsheet terhadap variabel hasil belajar adalah 78,3% dan data variabel lain yang mempengaruhi variabel hasil belajar adalah 21,7% (100% - 78,3% = 21,7%).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19167
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI PUTRI HANDAYANI .pdfFull Text5.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.