Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19152
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRIJALUDDIN-
dc.date.accessioned2022-11-03T04:27:02Z-
dc.date.available2022-11-03T04:27:02Z-
dc.date.issued2022-11-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19152-
dc.description.abstractLatar belakang masalah penelitian ini adalah Al-Qur‟an dalam Islam merupakan sumber dan dasar hukum pertama dan utama, sehingga pentingnya mepelajari dan membaca Al-Qur‟an dari berbagai aspek keilmuannya. Dalam rangka membantu umat Islam untuk memperbaiki baacaan Al-Qur‟an maka diperlukan metode baca tulis Al-Qur‟an yaitu melalui implementasi metode iqro. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui menganalisis dan mendiskriptifkan perancangan guru agama islam dalam mengajarkan metode iqro, untuk mengetahui, menganalisis dan mendiskriptifkan pengimplementasi guru agama islam dalam mengajarkan metode iqro, untuk mengetahui menganalisis dan mendiskriptifkan kelebihan dan kekurangan dalam pengimplemetasian metode iqro dalam kemampuan bacaan Al-Qur‟an siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptip dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah guru agama Islam dan 3 siswa yang ada kriterianya sudah dijelaskan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa guru mempersiapkan rancang perencanaan pembelajaran terlebih dahulu, perencanaan pembelajaran dilakukan dengan mempersiapkan beberapa bagian yang penting seperti cara dan menerapanya, Pendekatan dan model pembelajaran. Adapun Implementasi guru agama islam dalam mengajarkan metode iqro untuk memperbaiki bacaan Al Qur‟an melaui metode pembiasaan, metode privat dan memberikan dorongan kepada siswanya untuk aktif. Sedangkan kelebihan dalam pengimplementasian metode iqro ini adalah dengan menggunakan metode CBSA (Cara Belajar Anak Aktif) sedangkan kekurangannya tidak ada pengenalan terhadap huruf-huruf Hijaiyah asli.en_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetode Iqroen_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE IQRO DALAM MEMPERBAIKI KEMAMPUAN BACAAN AL-QUR’AN SISWA DI SMP PERSATUAN AMAL BAKTI 15 KOTA MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi rijal umsu.pdfFull Text3.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.