Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19137
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PANJAITAN, ADINDA SALSABILA | - |
dc.date.accessioned | 2022-11-03T04:00:12Z | - |
dc.date.available | 2022-11-03T04:00:12Z | - |
dc.date.issued | 2022-11-03 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19137 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kolaborasi siswa di kelas V SD Negeri 014629 Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan,karena kemampuan kolaborasi pada siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Round Table Rally Table terhadap kemampuan berkolaborasi.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 014629 Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan. yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non tes dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kemampuan berkolaborasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Round Table Rally Table Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian One grup pretest posttest design , yaitu design yang tidak menggunakan kelompok control pada saat penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berkolaborasi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran round table rally table terlihat dari aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar masih rendah dimana 12 orang siswa telah memenui nilai KKM dan 24 siswa belum memenuhi nilai KKM dengan nilai rata-rata 70,44 . Kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran round table rally table sudah meningkat dimana 34 siswa sudah memenuhi nilai KKM dan 2 Siswa belum memenuhi nilai KKM dengan nilai rata-rata 88. Diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 2,150 sedangkan untuk t tabel pada N =36-2 yaitu 2,032.Maka t hitung 2,150 > 2,032 sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Round Table Rally Table Terhadap Kemampuan Berkolaborasi Siswa Kelas V SD Negeri 014629 Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan . | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Round Table Rally Table | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berkolaborasi | en_US |
dc.title | PENGARUH PEMBELAJARAN ROUND TABLE RALLY TABLE TERHADAP KEMAMPUAN BERKOLABORASI SISWA KELAS V SD NEGERI 014629 KECAMATAN TANJUNG BALAI KABUPATEN ASAHAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI ADINDA SALSABILA PANJAITAN.pdf | Full Text | 5.46 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.