Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19112
Title: PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SD NEGERI 106865 BANDAR PAMAH
Authors: SARAGIH, PUTRI YANI
Keywords: Video Animasi;Berbasis lokal
Issue Date: 3-Nov-2022
Abstract: Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis lokal untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD Negeri 106568 Bandar Pamah, mengetahui kevalidan media serta kepraktisan yang diketahui respon dari guru dan siswa dengan adanya media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian Research and Development (R&D) atau peneliian dan pengembangan menurut model Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilalui dalam penelitian ini, antara lain : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini ialah media video animasi yang dikembangkan berbasis lokal untuk meningkatkan kreativitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media video animasi yang dikembangkan menggunakan model Borg and Gall dinyatakan valid. Tingkat kevalidan media pembelajaran video animasi berbasis lokal berdasarkan penelitian, antara lain : 1) ahli media memperoleh presentase 90,62% dengan kategori “sangat valid”, 2) ahli bahasa memperoleh presenase 97,5% dengan kategori “sangat valid”, 3) ahli materi memperoleh presentase 98,4% dengan kategori “sangat valid”. Penilaian kepraktisan media dari guru memperoleh 94,5% dengan kategori “sangat praktis” serta siswa yang didapatkan dari uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 90,5% dengan kategori “sangat praktis”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19112
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi (1).pdfFull Text9.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.