Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19092
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIHDA, ROBIATUL-
dc.date.accessioned2022-11-03T02:24:09Z-
dc.date.available2022-11-03T02:24:09Z-
dc.date.issued2022-11-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19092-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini yaitu ,Untuk mengetahui hasil belajar matematika menggunakan model ekspositori dan model pembelajaran flipped classroom dan Apakah model pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa MTs Amalul Ikhlas .Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Amalul Ikhlas yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 54 siswa . Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik sampling jenuh . Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu VII A berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII B berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol.Dari hasil pre-test menunjukkan bahwa rata-rata kelas ekseperimen adalah 46,296 , sedangkan rata rata pre-test pada kelas kontrol adalah 46,48148. Dari Hasil post-test diperoleh rata rata nilai pada kelas eksperimen adalah 80,741 sedangkan rata-rata post-test pada kelas kontrol adalah 66,6667. Dari analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen , nilai 𝐿0 pre-test = 0,096 dan nilai 𝐿0 post-test = 0,130 .Sedangkan untuk kelas kontrol nilai 𝐿0 pre-test = 0,111 dan nilai 𝐿0 post-test =0,119 . Untuk uji homogenitas pada pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung ( 1,047 ) < Ftabel ( 1,929) . Untuk uji homogenitas pada post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,108) < Ftabel (1,929). Hasil analisis deskriptif data dan indeks gain kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa rata rata indeks gain kelas eksperimen adalah 0,7 dan kelas kontrol adalah 0,4. Selanjutnya dari hasil perhitungan t-test , diperoleh thitung (5,281) > ttabel (2,006) artinya rata-rata hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat dengan model pembelajaran Flipped Classroom lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori dan model pembelajaran Flipped Classroom efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.en_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectModel Flipped Classroomen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs AMALUL IKHLASen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Robiatul Ihda 1802030010.pdfFull Text4.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.