Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19082
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPURNAMANINGSIH, DWI-
dc.date.accessioned2022-11-01T07:39:32Z-
dc.date.available2022-11-01T07:39:32Z-
dc.date.issued2022-11-01-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19082-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah, pelaksanaan metode dan pengaruh pelaksanaan metode edutainment dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 04 Medan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen quasi (semu). Populasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 80 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperiment dan siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 5%. Jika t hitung > t tbael maka 𝐻𝑂 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima yaitu 3,879 > 2,04 artinya ada perbedaan hasil belajar antara menggunakan metode edutaiment dengan metode konvensional sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan sebelum dan sesudah pelaksaan metode edutainment, setiap guru memiliki cara dalam melaksanakan metode edutainment dan metode edutainment berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Muhammadiyah 4 Medan.en_US
dc.subjectMetode Edutainmenten_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH PELAKSANAAN METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 04 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi dwi(2).pdfFull Text3.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.