Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19004
Title: REPRESENTASI MAKNA BUDAYA PADA IKLAN MARJAN EDISI RAMADHAN “BANGKITKAN HARAPAN” 2022
Authors: ARIGA, FAUZI
Keywords: Semiotika;Budaya;Iklan
Issue Date: 29-Oct-2022
Abstract: Penelitian ini mengenai Representasi Makna Budaya pada Iklan Marjan edisi Ramadhan “ Bangkitkan Harapan “ 2022 .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna konotasi,denotasi dan mitos dari budaya iklan marjan. Pada iklan marjan tahun 2022 di unggah dengan format 3 sekuel yaitu pada sekuel pertama berdurasi 65 detik, sekuel kedua berdurasi 65 detik dan sekuel ketiga berdurasi 76 detik . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan makna konotasi, denotasi dan mitos yang terkandung dalam tanda-tanda pada video iklan Marjan 2022.Penelitian ini menggunakan teori Semiotika Roland Barthes yang berfokus pada pemaknaan tanda berdasarkan denotasi, konotasi dan mitos. Denotasi adalah apa yang di yakini akal sehat/orang banyak (common-sense), konotasi adalah penanda di tatanan pertama.Hasil dari penelitian dengan menggunakan teori Semiotika Roland Barthes menunjukkan bahwa representasi budaya dalam iklan ini berupa edukasi kearifan local seperti daerah jawa dengan memasukkan unsur wayang terbukti mampu menggabungkan budaya tradisional dan modern dalam iklan melalui visual dewi sri sebagai pelindung pertanian dengan senjata caping pusaka yang dapat berubah menjadi pedang dan kipas seperti hero masa kini dan kala wereng yang merupakan hawa tanaman direpresentasikan dalam bentuk visual jahat dan wereng terbang seperti pesawat alien.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19004
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FAUZI ARIGA NPM. 1803110196.pdfFull Text1.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.