Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18999
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMILADUNKA, SUNDARI-
dc.date.accessioned2022-10-29T02:59:43Z-
dc.date.available2022-10-29T02:59:43Z-
dc.date.issued2022-10-29-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18999-
dc.description.abstractPermasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah Rendahnya Penyesuaian diri peserta didik di SD Al-Ittihadiyah Laut Dendang. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini ialah Mendeskripsikan perbedaan skor dalam mengembangkan penyesuaian diri peserta didik kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik permainan boneka tangan. Dengan kelompok kontrol sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B SD Al-Ittihadiyah Laut Dendang. Dengan menggunakan angket penyesuaian diri peserta didik dan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji analisis Kolmogrov Smirnov 2 Independen Sampels. . Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat : 1) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang penyesuaian diri peserta didik pada kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan boneka tangan. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang penyesuaian diri peserta didik pada kelompok kontrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan boneka tangan. 3) Terdapat perbedaan penyesuaian diri pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik permainan boneka tangan. Maka penerapan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik permainan boneka tangan berjalan dengan baik.en_US
dc.subjectBimbingan Kelompoken_US
dc.subjectBoneka Tanganen_US
dc.titleEFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH DI SD AL-ITTIHADIYAH LAUT DENDANG TA 2021/2022en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SUNDARI MILADUNKA.pdfFull Text4.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.