Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18988
Title: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVESITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA MEDAN 2022
Authors: TANJUNG, MAHSYURI
Keywords: Kemandirian Belajar;Hasil Belajar
Issue Date: 27-Oct-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI AKL SMK YPK Medan. Subjek penelitian (responden) adalah seluruh siswa kelas XI AKL SMK YPK Medan. Penelitian ini menggunakan Ex Post Facto dengan sampel sebanyak 39 siswa. Metode pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 23 for windows. Temuan penelitian menunjukkan dimana hal ini terlihat dari analisis regresi sederhana menunjukkan koefisien regresi antara variabel X dan Y dengan nilai negatif sebesar (-0,088) ; koefisien Uji t menunjukkan ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” < ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (-0,851 < 2,024) dan signifikan ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”= 0,400 > 0,05 ; serta koefisien determinasi sebesar - 0,007. Maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK YPK Medan. Dan indikator dalam variabel kemandirian belajar menunjukkan bahwa percaya diri dengan persentase 67,59%, aktif dalam belajar dengan persentase 65,23%, disiplin dalam belajar dengan persentase 65,85% dan tanggung jawab dalam belajar dengan persentase 64,21%. Dari keempat indikator ini dapat diketahui bahwa kemandirian belajar siswa kelas XI AKL SMK YPK Medan dalam kategori cukup
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18988
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi (Mahsyuri Tanjung- 1802070008).pdfFull Text4.62 MBAdobe PDFView/Open
Skripsi (Mahsyuri Tanjung- 1802070008).pdfFull Text4.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.