Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18983
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAulannida, Ajeng Munaya-
dc.date.accessioned2022-10-25T08:49:35Z-
dc.date.available2022-10-25T08:49:35Z-
dc.date.issued2022-10-25-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18983-
dc.description.abstractSkripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada pelajarsn kewarganegaraan di SDIT Al-Munaya Ta.2021-2022 yang bertepatan pada Desa Tanjung Anom, Kec Pancur Batu, Kab Deli Serdang yang dimana peneliti memberikan masukan untuk menggunakan metode mind mapping yang merupakan metode yang cukup menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VI sdit al -munaya yang terdiri dari VIA dan VIB tahun ajaran 2021-2022. Berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti bahwa siswa kelas VI di SDIT Al - Munaya berjumlah 60 orang yang terdiri dari kelas VIA dan VIB, dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah dari populasi yaitu sebanyak 60 siswa yang akan digunakan sebagai sampel. Teknik penentuan sampel yaitu dipilih secara keseluruhan dari masing masing kelas. Tektik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan tes. Sedangkan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel penulis menggunakan metode produk momen korelasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SDIT Al - Munaya (0,590) dengan uji t sebesar ๐‘กโ„Ž i๐‘ก๐‘ข๐‘›g >๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yaitu (6.465). Jadi hipotesis yang berbunyi: โ€œ Ada pengaruh metode mind mapping untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI pada pelajaran kewarganegaraan di SDIT Al -Munaya Ta.2021-2022.en_US
dc.subjectMetode Mind Mapping Meningkatkan Motivasi Belajaren_US
dc.titlePENGARUH METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN KEWARGANEGARAAN DI SDIT AL -MUNAYA TAHUN AJARAN 2021-2022en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Ajeng_pgsd_1802090087_pengaruh metode mind mapping u.pdfFull Text17.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.