Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18964
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKABAN, MEYLISA REBINA-
dc.date.accessioned2022-10-25T07:11:20Z-
dc.date.available2022-10-25T07:11:20Z-
dc.date.issued2022-10-25-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18964-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca puisi siswa dan guru yang belum pernah menggunakan metode demonstrasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimanakah keterampilan membaca puisi dengan menggunakan metode demonstrasi siswa kelas IV SDN 054887 Sangga Pura, 2) Bagaimanakah keterampilan membaca puisi dengan menggunakan metode ceramah siswa kelas IV SDN 054887 Sangga Pura, 3) Apakah ada pengaruh metode demonstrasi terhadap keterampilan membaca puisi siswa kelas IV SDN 054887 Sangga Pura. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui keterampilan membaca puisi dengan menggunakan metode demonstrasi siswa kelas IV SDN 054887 Sangga Pura, 2) Untuk mengetahui keterampilan membaca puisi dengan menggunakan metode ceramah siswa kelas IV SDN 054887 Sangga Pura, 3) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap keterampilan membaca puisi siswa kelas IV SDN 054887 Sangga Pura. Lokasi yang dipilih oleh peneliti untuk melakukan penelitian yaitu SDN 054887 Sangga Pura yang terletak di Kabupaten Langkat. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SN 054887 Sangga Pura yang berjumlah 54 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah 54 siswa. dengan teknik sampel yang dipilih dalam peneltian ini adalah nonprobability sampling jenis total sampling. Pada desain penelitian peneliti menggunakan jenis penelitian True Experimental yaitu dalam bentuk Post Test Only Control Design. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan Lembar Performance Test. Teknik analisi data dalam penelitian ini adalah : 1) Uji validasi ahli berupa lembar performance test, 2) Uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, 3) Uji hipotesis berupa uji mann whitney test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode demonstrasi terhadap keterampilan membaca puisi siswa kelas IV SDN 054887 Sangga Pura. Hal ini terlihat dari data analisis uji hipotesis dengan uji mann whitney-test menggunakan SPSS 24 for windows. Hasil dari uji u-test menunjukkan bahwa nilai sig (2 tailed) = 0,000 dengan pengambilan keputusan jika sig < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode demonstrasi terhadap keterampilan membaca puisi siswa kelas IV SDN 054887 Sangga Pura.en_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.subjectDemonstrasien_US
dc.subjectKeterampilan Membaca Puisi Siswaen_US
dc.titlePENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS IV SDN 054887 SANGGA PURA TAHUN AJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_MEYLISA REBINA KABAN.pdfFull Text6.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.