Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18913
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAPRILI, BUNGA-
dc.date.accessioned2022-10-24T08:37:45Z-
dc.date.available2022-10-24T08:37:45Z-
dc.date.issued2022-10-24-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18913-
dc.description.abstractSkripsi ini membahas Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDS Bina Taruna 1 Medan Marelan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VI SD Bina Taruna 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDS Bina Taruna 1 Medan Marelan. Jenis penelititan ini adalah One grup Pretest dan Posttest(Tes Awal dan Tes Akhir) dengan metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDS Bina Taruna 1.Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VI SDS Bina Taruna 1 Medan Marelan sebanyak 20 siswa berperan sebagai responden. Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan mulai 25 Januari- 25 Maret 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diberikan perlakuan -skor rata-rata pretest yaitu 64 berada pada katerogi rendah. Adapun setelah diberi perlakuan(posttest) dengan rata-rata skor yakni 82 berada pada kategori tinggi atau sangat baik. Hasil statistic dengan menggunakan SPSS 25 peneliti penganalisis data dengan Uji t dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar 60,586 > ttabel 1,729. ttabel diambil dari tabel berdistrisubi t dengan taraf signifikan yang digunakan adalah 5% atau 0,05 diperoleh ttabel = 1,729. Hal ini berarti thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5 %, maka hipotesis (Ha) diterima. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDS Bina Taruna 1 Medan Marelan.en_US
dc.subjectStrategi Jigsawen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN POLA PERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VI SDS BINA TARUNA 1 MEDAN MARELAN T.A 2021/2022en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REVISI SIDANG SKRIPSI 2.pdfFull Text12.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.