Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18902
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRIZKI, MELIA-
dc.date.accessioned2022-10-24T08:05:41Z-
dc.date.available2022-10-24T08:05:41Z-
dc.date.issued2022-10-24-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18902-
dc.description.abstractSkripsi ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas V SDS Bina Taruna 1. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kreativitas belajar peserta didik kelas VA sebelum menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Bagaimana kreativitas belajar peserta didik kelas VB sebelum menerapkan model pembelajaran Konvensional. Bagaimana kreativitas belajar peserta didik kelas VA sesudah menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Bagaimana kreativitas belajar peserta didik kelas VB sesudah menerapkan model pembelajaran Konvensional. Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kreativitas belajar peserta didik kelas VA SDS Bina Taruna 1. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kreativitas belajar peserta didik kelas VA sebelum menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Untuk mengetahui kreativitas belajar peserta didik kelas VB sebelum menerapkan model pembelajaran Konvensional. Untuk mengetahui kreativitas belajar peserta didik kelas VA sesudah menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Untuk mengetahui kreativitas belajar peserta didik kelas VB sesudah menerapkan model pembelajaran Konvensional. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kreativitas belajar peserta didik kelas VA SDS Bina Taruna 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang ada di SDS Bina Taruna 1. Sedangkan sampel penelitian ini adalah menggunakan sample random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol sebanyak 28 peserta didik. Jadi jumlah seluruh subjek dalam penelitian ini sebanyak 56 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan tes kreativitas belajar yang berjumlah 10 butir soal berbentuk essay yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan dikelas eksperimen (Model Pembelajaran Think Pair Share) diperoleh hasil rata-rata posttest yaitu 90,57 sedangkan di kelas kontrol (Model Pembelajaran Konvensional) diperoleh hasil rata-rata posttest yaitu 63,57. Pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share bagi peserta didik kelas VA menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas belajar yang lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran Konvensional. Nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mana 0,000 < 0,05. Hal ini dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kreativitas belajar peserta didik pada kelas eksperimen (model pembelajaran Think Pair Share) dan kelas kontrol (model pembelajaran Konvensional) dengan demikian terdapat pengaruh kreativitas belajar terhadap peserta didik. Nilai uji thitung adalah sebesar 18,265 yang mana thitung 18,265 > ttabel 1,703. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kreativitas belajar peserta didik pada kelas VA SDS Bina Taruna 1.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Think Pair Shareen_US
dc.subjectKreativitas Belajaren_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDS BINA TARUNA 1en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MELIA RIZKI FIX.pdfFull Text4.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.