Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18807
Title: “STUDI KOMPARASI PERENCANAAN TEBAL LAPISAN FLEXIBLE PAVEMENT DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN BINA MARGA 2017 DAN METODE AASHTO 1993 JALAN KAPTEN SUMARSONO MEDAN STA 0+000 – 1+650” (STUDI KASUS)
Authors: FADLAN, HELMI
Keywords: Jalan Baru;Perkerasan Lentur;Kontruksi Jalan;Ketebalan
Issue Date: 22-Oct-2022
Abstract: Lancarnya arus lalu-lintas akan sangat mendukung perkembangan ekonomi suatu daerah seperti Kota Medan khususnya pada Ruas Jalan Kapten Sumarsono, Kota Medan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui parameter peningkatan konstruksi pada Jalan Kapten Sumarsono Sta. 0+000 – Sta. 1+650. Parameter yang dimaksud dalam hal ini mencakup tebal perkerasan. Metode yang digunakan adalah Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan Metode AASHTO 1993 untuk perkerasan. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh hasil pada Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 untuk Lapisan Permukaan dengan ketebalan 17 cm, Lapisan Pondasi Kelas A dengan ketebalan 30 cm, dan Timbunan Pilihan dengan ketebalan 15 cm. Sedangkan pada Metode AASHTO 1993 yaitu Lapisan Permukaan dengan ketebalan 7 cm, Lapisan Pondasi Kelas A dengan ketebalan 18 cm, Lapisan Pondasi Kelas B dengan ketebalan 20 cm dan Timbunan Pilihan dengan ketebalan 10 cm. Dan pada Metode Lapangan yaitu Lapisan Permukaan dengan ketebalan 16,5 cm, Lapisan Pondasi Kelas A dengan ketebalan 20 cm, Lapisan Pondasi Kelas B dengan ketebalan 30 cm dan Timbunan Pilihan dengan ketebalan 30 cm.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18807
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR HELMI FADLAN.pdfFull Text10.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.