Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18757
Title: PENERAPAN METODE HIWAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB di MTs ULUMUL QUR’AN TELADAN
Authors: TUNNISAA, HARADHA
Keywords: Penerapan;Metode Hiwar;Bahasa Arab
Issue Date: 18-Sep-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab pada peserta didik kelas VIII MTs Ulumul Quran Teladan, untuk mengetahui penerapan metode hiwar dalam pembelajaran bahasa arab, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode hiwar pada kelas VIII MTs Ulumul Quran Teladan. Penilitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara. analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. uji keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjang kehadiran, meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran bahasa Arab di MTs Ulumul Quran Teladan melalui tiga tahapan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (2) Penerapan metode hiwar dalam pembelajaran bahasa Arab bertujuan Agar peserta didik terlatih dalam berkomunikasi menggunakan bahasa arab. Dalam penerapan metode hiwar ada beberapa tahapan yang dilakukan guru yaitu mempersiapkan materi Al-hiwar, menjelaskan kata demi perkata, kemudian pendidik memerintahkan peserta didik untuk mempraktikkan materi hiwar kedepan kelas, dan memberikan kosakata bahasa arab kepada peserta didik. (3) Faktor yang mendukung penerapan metode hiwar pada peserta didik kelas VIII MTs Ulumul Quran Teladan adalah minat peserta didik, buku ajar, dan adapun faktor yang menghambat penerapan metode hiwar diantaranya kosakata peserta didik masih kurang, kurangnya percaya diri, dan kurangnya penerapan bahasa arab di lingkungan sekolah.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18757
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_HARADHA TUNNISAA_1801020152.pdfFull Text2.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.