Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18741
Title: PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP YPK MEDAN
Authors: AULANDA, NOFI
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika;Model Pembelajaran Quantum Learning
Issue Date: 14-Oct-2022
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengaruh model Quantum Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMP YPK Medan. (2) bagaimana peningkatan Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan model Quantum Learning. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh model Quantum Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMP YPK Medan. (2) Memperkenalkan kepada siswa tentang proses pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Learning. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP YPK Medan yang berjumlah 26 orang yaitu 12 orang siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group PretestPosttest. Instrumen penelitian menggunakan essay tes tentang garis dan sudut. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) uji hipotesis (uji-t). Dan hasil penelitian menggunakan uji-t sampel berpasangan (paired-sample t test) menggunakan SPSS 22 yang menghasilkan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMP YPK Medan dan besar peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika SMP YPK Medan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning adalah sebesar 0,62%
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18741
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nofi aulanda_1802030003-1.pdfFull Text7.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.