Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18701
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRIPALDI, MUHAMMAD-
dc.date.accessioned2022-10-13T07:26:16Z-
dc.date.available2022-10-13T07:26:16Z-
dc.date.issued2022-10-13-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18701-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berbasis HOTS pada materi bangun ruang di SMP Muhammadiyah 07 Medan . Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-4 SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 07 Meedan yang diteliti dengan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah berbasis HOTS menunjukkan, dari sebanyak 21 siswa diperoleh sebanyak 4 siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang masuk kedalam kategori “tinggi”, 3 siswa masuk kedalam kategori “sedang”, dan 14 siswa masuk kedalam kategori “rendah”. Problem solving menempatkan permasalahan sebagai kata kunci dari proses pembelajaran. Yang artinya, tanpa masalah maka tidak mungkin ada proses pembelajaran. Maka dari itu setiap pembelajaran yang berbasis masalah, siswa masih mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya. Dalam tahap menyelesaikan masalah sebagian siswa mampu melakukan proses yang benar namun masih terdapat kesalahan dalam menyelesaikan masalah tersebut. Dan juga masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan indikator menentukan rencana penyelesaian masalah, banyak siswa yang mampu menentukan rencana penyelesaian namun masih terdapat kesalahan dalam pengerjaan soal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi telah menguasai setiap indikator kemampuan pemecahan masalah; (2) Subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah sedang telah mampu menguasai beberapa indikator tahapan pemecahan masalah namun tidak pada semua soal, dan (3) subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah belum mampu menguasai tahapan kemampuan pemecahan masalah pada semua indikatoren_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.subjectHOTSen_US
dc.titleANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERBASIS HOTS PADA MATERI BANGUN RUANG DI SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Muhammad Ripaldi 1802030038.pdfFull Text3.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.