Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18692
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.date.accessioned2022-10-06T08:01:06Z-
dc.date.available2022-10-06T08:01:06Z-
dc.date.issued2022-10-06-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18692-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap keterampilan berkolaborasi siswa kelas IV SD Negeri 050704 Cinta Raja Kecamatan Secanggang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest-posstest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 050704 Cinta Raja yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick lebih tinggi dibanding dengan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembeljaran kooperatif tipe talking stick yaitu 89,25 dengan 75,95. Nilai tertinggi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran talking stick 85. Nilai tertinggi siswa sesudah menggunakan model talking stick 97. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t, nilai t hitung sebesar 6,459. Sedangkan untuk t tabel 2,100. Maka thitung 6,459 > 2,100. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keterampilan Berkolaborasi Siswa kelas IV SD Negeri 050704 Cinta Raja Kecamatan Secanggang Tahun Ajaran 2021/2022.en_US
dc.subjectKeterampilan Berkolaborasien_US
dc.subjectModel Pembelajaran Talking Sticken_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN BERKOLABORASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 050704 CINTA RAJA KECAMATAN SECANGGANG TAHUN AJARAN 2021/2022en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FIRDAYANTI.pdfFull Text7.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.