Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18680
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUMTAZAH, NURUL SYAHILLAH-
dc.date.accessioned2022-10-06T07:27:37Z-
dc.date.available2022-10-06T07:27:37Z-
dc.date.issued2022-09-06-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18680-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mana Penelitian Tindakan Kelas berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran. Sesuai orientasinya, jenis penelitian ini memiliki kelebihan untuk memperbaiki atau meningkatkan proses dan kualitas hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan cara peneliti merefleksi hasil kuesioner dan observasi terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti dan siswa di dalam kelas, sehingga dapat memberikan gambaran tentang hasil penelitian di MAN 1 Aceh Tenggara. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner dalam bentuk Google Form untuk mengumpulkan data. Peneliti akan meminta responden untuk menjawab pertanyaan atau pernyataan yang paling tepat dengan pendapat, perasan, penilaian, atau posisi responden. Pada kondisi awal atau pra-siklus, dari 30 siswa 20 diantaranya telah mencapai KKM 70 dengan persentase 66,67% dan ada 10 siswa yang belum mencapai KKM 70 dengan persentase 33,33%. Lalu setelah dilaksanakan siklus I dari 30 siswa 22 diantaranya telah mencapai KKM 70 dengan persentase 73,3% sementara masih ada 8 siswa yang belum mencapai KKM 70 dengan persentase 26,6%. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan sebesar 6,6% dari sebelum digunakannya model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Dan pada siklus II, ternyata dari 30 siswa 28 diantaranya telah berhasil mencapai KKM 70 dengan persentase 93,33%, dan 2 siswa belum mencapai KKM 70 dengan persentase 6,66%. Dan antara siklus I ke siklus II semakin terlihat peningkatan yang signifikan, dengan peningkatan minat belajar siswa sebesar 20% dari sebelumnya yang hanya 6% saja terhitung dari pra-siklus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa terkhusus dalam mata pelajaran PPKn.en_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectContextual Teaching Learningen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 ACEH TENGGARAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURUL SYAHILLAH MUMTAZAH.pdfFull Text2.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.