Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18600
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKASBIADI-
dc.date.accessioned2022-10-01T03:46:11Z-
dc.date.available2022-10-01T03:46:11Z-
dc.date.issued2022-10-01-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18600-
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Arab yang ideal di Madrasah Tsanawiyah atau Madrasah Aliyah adalah pembelajaran yang memungkinkan para siswa menguasai empat keterampilan berbahasa (Maharat al-Istima, al-Kalam, al-Qira‟ah, dan al-Kitabah) secara proporsional. Dalam pengajaran Bahasa Arab, metode merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan pengajaran tersebut. Metode imla‟ adalah metode dikte atau metode menulis dimana guru mengucapkan materi pelajaran dan siswa disuruh menulisnya di buku tulis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen pembelajaran bahasa Arab dengan metode imla‟, faktor penghambat dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode imla‟ di SMP Swasta Al-Ikhlas. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa manajemen pembelajaran bahasa Arab dengan metode imla‟ di SMP Swasta Al-Ikhlas meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Faktor-faktor penghambat yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode imla‟ di SMP Swasta Al-Ikhlas diantaranya fasilitas yang terbatas, daya tangkap siswa yang lemah dan perbedaan latar belakang pendidikan. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode imla‟ di SMP Swasta Al-Ikhlas antara lain memotivasi siswa, membuat pembelajaran tambahan dan berdiskusi dengan guru senior dan kepala sekolah.en_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectBahasa Araben_US
dc.subjectMetode Imla’en_US
dc.titleMANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE IMLA’ PADA PESERTA DIDIK DI SMP SWASTA AL-IKHLASen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Kasbi.pdfFull Text3.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.