Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18523
Title: STRATEGI KOMUNIKASI UNIT PELAKSANA TEKNIS PUSKESMAS KAMPUNG BARU KOTA MEDAN DALAM MENYUKSESKAN VAKSINASI ANAK SEKOLAH DASAR
Authors: SUNLISDIANTO, PRASETYO
Keywords: Strategi komunikasi;Vaksinasi covid;Anak Sekolah Dasar
Issue Date: 27-Sep-2022
Abstract: Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi unit pelaksana teknis puskesmas kampung baru dalam menyukseskan vaksinasi covid anak sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai informan. Informan pada penelitian ini berjumlah 2 orang diantaranya 1 orang vaksinator dan 1 orang sebagai koordinator imunisasi atau vaksinasi. Penelitian dilakukan di Puskesmas Kampung Baru Kota Medan. Bentuk strategi komunikasi yang dilakukan pihak puskesmas adalah mengirimkan surat ke beberapa sekolah untuk dilakukan vaksinasi covid, selain itu juga sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah dasar. Vaksin covid ini juga merupakan salah satu syarat untuk pembelajaran tatap muka terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Bentuk komunikasi yang dilakukan oleh pihak puskesmas berupa imbauan menggunakan surat, sosialisasi dan edukasi ke masyarakat serta penyuluhan yang turun langsung ke sekolah-sekolah dasar dinilai berjalan efektif dalam menarik minat masyarakat untuk diberikan vaksin covid kepada anak mereka. 2. Kendala yang di dapat oleh pihak puskesmas berupa kekurangan tenaga kesehatan, terdapat beberapa masyarakat yang tidak percaya manfaat dari vaksinasi covid ini akibat termakan oleh berita bohong, dan ada beberapa sekolah yang membatalkan jadwal yang ditentukan dan memilih pemberian vaksinasi dilakukan oleh pihak Yayasan maupun instansi lain.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18523
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PRASETYO SUNLISDIANTO.pdfFull Text3.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.