Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18483
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRizky, Asprizal-
dc.date.accessioned2022-09-26T07:21:31Z-
dc.date.available2022-09-26T07:21:31Z-
dc.date.issued2022-09-26-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18483-
dc.description.abstractTujuan Penelitian untuk mengetahui analisis Break Even Point sebagai perencanaan laba pada UD. Pokujon dan untuk menganalisis jumlah penjualan yang harus dicapai agar UD. Pokujon mencapai perencanaan laba pada bulan Mei, Juni, dan Juli 2022. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi berupa laporan keuangan UD. Pokujon. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa margin kontribusi pada UD. Pokujon mampu menutupi biaya tetap dalam memperoleh laba bersih dan Break even point sebagai perencanaan laba pada UD. Pokujon telah melewati titik impas pada bulan Juli, Agustus, dan September 2021 baik dalam Unit atau Rupiah. Sehingga perusahaan mampu memperoleh laba dari aktivitas produksi. Persentase Margin of safety oleh UD. Pokujon yang dihasilkan dari bulan Juli sampai dengan September 2021 menunjukkan penurunan, terutama pada bulan September yang mana Margin of safety diperoleh sebesar 42%, hal ini berarti bahwa kondisi perusahaan akan semakin rawan mengalami kerugian karena memiliki Margin of safety yang lebih kecil dari bulan sebelumnya. UD. Pokujon menargetkan kenaikan laba pada bulan Mei 2022 sebesar 30% dari penjualan, sehingga harus mampu menjual produknya sebanyak 51 unit atau dengan penjualan sebesar Rp.4.306.938,78. Bulan Juni 2022, UD. Pokujon menargetkan kenaikan laba sebesar 35% dari penjualan, sehingga harus mampu menjual produknya sebanyak 58 unit atau dengan penjualan sebesar Rp.4.919.132,65. Bulan Juli 2022, UD. Pokujon menargetkan laba sebesar 77% dari penjualan, sehingga harus mampu menjual produknya sebanyak 35 unit atau dengan penjualan sebesar Rp.4.007.416,67.en_US
dc.subjectBreak Event Pointen_US
dc.subjectPerencanaan Labaen_US
dc.titleANALISIS BREAK EVEN POINT (BEP) SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA UD. POKUJONen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdfFull Text4.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.