Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18455
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HUSNA RITONGA, YULDINA | - |
dc.date.accessioned | 2022-09-26T03:52:08Z | - |
dc.date.available | 2022-09-26T03:52:08Z | - |
dc.date.issued | 2021-06-10 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18455 | - |
dc.description.abstract | Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita dan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (2) pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa, (3) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (4) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa, (5) pengaruh model pembelajaran kontekstua dan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita dan pemahaman konsep matematis siswa, (6) interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (7) interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen: (1) tes kemampuan awal matematika siswa, (2) tes kemampuan menyelesaikan soal cerita, (3) tes pemahaman konsep matematis siswa. Data inferensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis multivariant (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar 0,031, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa sebesar 0,019, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar 0,020, (4) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa sebesar 0,013, (5) terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstua dan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita dan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 0,027, (6) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (7) terdapat interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa | en_US |
dc.subject | kemampuan awal matematika | en_US |
dc.subject | model pembelajaran kontekstual | en_US |
dc.subject | problem based learning | en_US |
dc.subject | kemampuan menyelesaikan soal cerita | en_US |
dc.subject | pemahaman konsep matematis siswa. | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTsN 1 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Masters in Mathematics Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
YULDINA HUSNA RITONGA, 1820070001.pdf | 1.19 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.