Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18455
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHUSNA RITONGA, YULDINA-
dc.date.accessioned2022-09-26T03:52:08Z-
dc.date.available2022-09-26T03:52:08Z-
dc.date.issued2021-06-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18455-
dc.description.abstractMasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita dan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (2) pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa, (3) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (4) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa, (5) pengaruh model pembelajaran kontekstua dan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita dan pemahaman konsep matematis siswa, (6) interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (7) interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen: (1) tes kemampuan awal matematika siswa, (2) tes kemampuan menyelesaikan soal cerita, (3) tes pemahaman konsep matematis siswa. Data inferensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis multivariant (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar 0,031, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa sebesar 0,019, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar 0,020, (4) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa sebesar 0,013, (5) terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstua dan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita dan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 0,027, (6) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (7) terdapat interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswaen_US
dc.subjectkemampuan awal matematikaen_US
dc.subjectmodel pembelajaran kontekstualen_US
dc.subjectproblem based learningen_US
dc.subjectkemampuan menyelesaikan soal ceritaen_US
dc.subjectpemahaman konsep matematis siswa.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTsN 1 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
YULDINA HUSNA RITONGA, 1820070001.pdf1.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.