Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18451
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ANNISA, NURUL | - |
dc.date.accessioned | 2022-09-26T03:45:44Z | - |
dc.date.available | 2022-09-26T03:45:44Z | - |
dc.date.issued | 2022-09-26 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18451 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya aktivitas belajar siswa di SD Al- Ittihadiyah Laut Dendang Kec. Percut Sei Tuan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat kevalidan media KOBETIK (kotak belajar tematik) tema menyayangi tumbuhan dan hewan, (2) mengetahui tingkat keperaktisan media KOBETIK (kotak belajar tematik) tema menyayangi tumbuhan dan hewan. (3) mengetahui aktivitas belajar siswa kelas III A SD Al- Ittihadiyah Laut Dendang Kec. Percut Sei Tuan saat proses pembelajaran menggunakan media KOBETIK (kotak belajar tematik). Dasar penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE, tahapan yang dilalui antara lain, (1) analysis yang meliputi analisis kinerja dan analisis kebutuhan, (2) design yang meliputi perancangan desain produk dan menyusun instrument penilaian produk, (3) development yang meliputi pembuatan produk, validasi, dan revisi produk, (4) implementasi yang meliputi uji coba produk pada kelompok kecil. Penelitian ini menghasilkan media KOBETIK (kotak belajar tematik) pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan. Hasil penelitian media KOBETIK (kotak belajar tematik) yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (92,63% untuk penilaian ahli materi, 89% untuk penilaian ahli desain media, 93,33% untuk penilaian ahli bahasa) dan sangat praktis (84% untuk penilaian guru dan 86% untuk penilaian siswa). Sedangkan aktivitas belajar siswa kelas III A SD Al-Ittihadiyah Laut Dendang Kec. Percut Sei Tuan saat proses pembelajaran menggunakan media KOBETIK (kotak belajar tematik) diperoleh hasil persentase 65,2%, tergolong dalam kategori tinggi. Hal tersebut menunjukan media KOBETIK (kotak belajar tematik) pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan telah valid, praktis dan dapat menimbulkan aktivitas belajar siswa. | en_US |
dc.subject | Siswa | en_US |
dc.subject | Tumbuhan | en_US |
dc.subject | Sekolah | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA KOBETIK (KOTAK BELAJAR TEMATIK) TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN DALAM AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS III SD AL-ITTIHADIYAH LAUT DENDANG KEC. PERCUT SEI TUAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI Nurul Annisa.pdf | Full Text | 7.98 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.